Selasa, 31 Maret 2015

DIGITAL LITERACY

Defenisi Digital Literacy 


Defenisi Digital Literacy Menurut University Of illinois Urbana Campaign (http://library.illinois.edu/digital/defenition.html)
u  Digital literacy merupakan kemampuan yang (diharapkan) dimiliki oleh manusia untuk dapat menggunakan beragam teknologi digital (komputer), peralatan komunikasi dan jaringan komputer (hardware dan software), untuk dapat mempermudah didalam membuat, menempatkan, dan mengevaluasi informasi.
u  Digital literacy merupakan kemampuan yang (diharapkan) dimiliki oleh manusia untuk dapat memahami dan menggunakan informasi (yang berasal dari beragam sumber) kedalam berbagai format file untuk kemudian disajikan, ditampilkan, ataupun direpresentasikan melalui internet dan perangkat komputer lainnya.
u  Digital literacy merupakan kemampuan pribadi yang diharapkan dapat dimiliki oleh umat manusia, untuk dapat mengerjakan segala pekerjaan dengan efektif (pada lingkungan digital berbasis komputer dan teknologi lainnya, menghasilkan data, mengolah data menjadi informasi, memperoleh kemampuan dari teknologi yang digunakan serta ikut aktif didalam proses pengembangan teknologi-teknologi terkini.

Digital Literacy Secara Umum :
“Digital literacy merupakan kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap umat manusia di abad teknologi informasi saat ini untuk dapat secara mudah, efektif, dan efisien (disertai dengan pemikiran yang kritis dan membangun) di dalam menggunakan teknologi-teknologi yang ada (dan juga diharapkan dapat turut serta untuk ikut membangun dan mengembangkan teknologi-teknologi tersebut”

Bidang Utama Digital Literacy
Secara umum terdapat 3 bidang utama yang berperan di dalam digital literacy :
u  Digital Literacy pada dunia kerja dan dunia wirasusaha (bisnis)
u  Digital literacy di dunia pendidikan
u  Digital literacy pada masyarakat

Digital Literacy Pada Dunia Kerja dan wirausaha
Bebepa skill yang dibutuhkan dunia kerja dan usaha saat ini :
u  Kemampuan dalam mengoperasikan komputer
u  Kemampuan teknis jaringan maupun programmer
u  Kemampuan non teknis namun juga memerlukan peranan komputer (desain grafis, animasi, dokumentasi, marketing online, percetakan dll)


Digital Literacy Pada Pendidikan
u  Peranan pendidikan dalam digital literacy meliputi sekolah dan perguruan tinggi dalam menyediakan tenaga-tenaga terampil dibidang digital literacy
u  Untuk memaksimalkan peranan pendidikan terhadap digital literacy, maka kurikulum pendidikan harus mengikuti standar pendidikan serta ditunjang dengan pengajar profesional dibidangnya
u  Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menunjang digital literacy di dunia pendidikan yaitu dengan mensosialisasikan pemanfaatana teknologi kepada masyarakat, serta pemanfaatan teknologi didalam kegiatan belajar mengajar baik disekolah maupun di perguruan tinggi.



Digital Literacy Pada Masyarakat (Masyarakat Digital)
u Masyarakat digital akan mempermudah program pmbagunan yang direncanakan oleh pemerintah seperti konsep e-goverment, smart city
u Masyarakat digital turut berperan dalam mencetak individu-individu yang juga memiliki kemampuan digital literacy, hal ini disebabkan adanya pengaruh lingkungan tempat tinggal individu tersebut
u Selain didalam kehidupan nyata, masyarakat digital di dunia maya (internet/online) juga memiliki peranan dalam perkembangan digital literacy di masyarakat, seperti terbentuk forum-forum online, milist, serta jaringan sosial yang turut memperangaruhi perkembangan digital literacy

Sertifikasi Terkait Digital Literacy
Terkadang dunia kerja memerlukan bukti sebagai pengakuan resmi terhadap kemampuan teknis terkait digital literacy seperti sertifikat profesi (ijazah), maupun sertifikat IT, berikut beberapa sertifikat IT berskala internasional yang dibutuhkan dunia kerja saat ini :
u  CEH (Certified Ethical Hacker) : http://eccouncil.org
u  RHCE (Red Hat Certified Engineer) :   http://redhat.com/en/services/certification
u  MCTS (Microsoft Certified Technology Specialist : https://www.microsoft.com/learning/en-in/certification-overview.aspx
u  OCP (Oracle Certified Professional) : http://education.oracle.com
u  CWNP (Certified Wireless Network Professional) :  http://cwnp.com
u  CCENT (Sisco Certified Entry Networking Technicans) http://cisco.com
u  NCLA (Novel Certified Linux Administrators) : http://suse.com

Dampak Global Digital Literacy
Dampak Positif :
u Perkembagan teknologi yang sangat pesat
u Semakin berkembangnya layanan dan fasilitas berbasis internet
u Memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi.
Dampak Negatif :
u Pencurian data dan informasi rahasia terhadap suatu perusahaan, organisasi dan negara
u Meningkatnya pelanggaran privacy seseorang
u Meningkatnya penipuan secara digital
u Pornografi, kekerasahan yang ditampilkan untuk konsumsi publik

Information Literacy
u  Salah satu bagian penting dalam digital literacy adalah information literacy, information literacy dapat diartikan sebagai hasil pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi, sehingga dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat
u  Information literacy juga diartikan sebagai kondisi dimana kemampuan individu didalam memperoleh, memilih, menyaring (filter) dan menggunakan informasi dengan baik dan benar dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, menambah pengetahuan, maupun sebagai proses pengambilan keputusan (Decision Making).
E-SKILL
u  E-Skill atau Electronic Skill merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh individu di jaman digital ini pada bidang elektronik, tidak hanya mencakup individu berlatar pendidikan teknologi informasi namun semua individu-individu diharuskan mempunyai Eskill.
u  Hasil dari European E-Skill ditahun 2004 (http://itidjournal.org/itid/article/viewFile/363/164) terdapat 3 bagian E-SKILL :
u  ICT User Skill : terkait skill atau kemampuan induvidu dalam megoperasikan komputer
u  ICT Practitioner Skill : terkait kemampuan yang dimiliki oleh praktisi, khususnya untuk riset di sekolah dan perguruan tinggi
u  E-Busness Skill : terkait kemampuan yang dimiliki oleh induvidu atau perusahaan dalam pemanfaatan ICT dalam memajukan bisnis, terutama bisnis secara online


Peran Masyarakat Terkait Digital Literacy
Dalam perkembangan teknologi informasi, dibutuhkan peran aktif dari semua masyarakat, bebrapa hal yang dilakukan masyarakat ikut serta dalam perkembangan digital, adalah:
u  Aktif dalam menulis artikel online (online sharing)
u  Menjadi tenaga pengajar dan peneliti
u  Ikut serta dalam relawan TIK
u  Menulis buku cetak maupun elektronik
u  Menciptakan berbagai aplikasi serta teknologi yang berguna bagi masyarakat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar